Minggu, 23 November 2014

PENGANTAR MANAJEMEN

Manajemen adalah kegiatan yang mengatur ,mengorganisir serta mengontrol sumber daya yang ada agar efektif dan efisiensi demi mencapai tujuan. Dimanapun ada dan dibutuhkan manajemen. Manajemen ada karena untuk mengatur dan menghormati sumber daya agar tertib. Salah satu seorang manajemen itu adalah Adam Smith.
Manajemen meliputi:
Motivating, Planning, Organizing, Commanding, Actuating, Controlling.

ELEMEN DASAR MANAJEMEN

1. Elemen Sifat diantaranya:
a.Seni (art)
b.Ilmu (knowledge)

2. Elemen Fungsi diantaranya:


a.Motivating

b.Planning
c.Organizing
d.Commanding
e.Actuating
f.Controlling

3. Elemen Sasaran diantaranya:


a.Sumber Daya Manusia

b.Sumber Daya Lainnya

4. Elemen Tujuan diantaranya:


Sasaran,Maksud,Misi,Batas Waktu,Standar,Target,Jatah.

ASAS-ASAS MANAJEMEN
A.    Karakteristik Pribadi dan Keterampilan
Peran Manajer adalah berwenang untuk memformat status yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan diantaranya::
a. Peran Interpersonal (tokoh,pemimpin,penghubung)
b. Peran Internasional (pemonitor,penyebar,jurubicara)
c. Peran Decisional (wirausaha,peredam,perunding)
Peran manajer perlu adanya pendidikan yang baik,pengalaman yang bagus dan harus benar-benar ahli dalam bidangnya.
B. Manajer Keahlian
Perlunya keahlian dibidangnya dengan sebagai berikut:
a.Technical adalah keahlian yang diperlukan untuk menyelesaikan atau memahami jenis kerja tertentu yang dilaksanakan dalam suatu organisasi
b. Interpersonal adalah kemampuan untuk memahami, memotivasi dan berkomunikasi dengan individu maupun kelompok.
c. Conceptual adalah kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi bias berjalan bersama melalui keputusan yang berbasis kepada kepentingan keseluruhan organisasi sebagai satu kesatuan.
d. Diagnonic adalah keahlian untuk memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk situasi.
Catt:
Hubungan diplomat adalah dasar penting untuk suatu perhubungan antar organisasi atau perusahaan.  
Evolusi Pemikiran Manajemen
Perspektif Manajemen Klasik
a.      Kelompok manajemen ilmiah/saintifik
b.      Kelompok Manajemen Administrasi
Perspektif Manajemen Perilaku
a.      Study Howtorne
b.      Teori Relasi Manusia
c.       Teori Perilaku Kontemporer
Perspektif Manajemen Kuantitatif
a.      Kelompok Manajemen Sains
b.      Kelompok Manajemen Operasi
-Efektif adalah usaha yang diharuskan mudah dan baik.
-Efisien adalah hemat biaya / waktu.
-Maximal adalah batas kemampuan.
-Optimal adalah berusaha selalu untuk mencapai terus jadi lebih baik dari sebelumnya.

LINGKUNGAN INTERNAL ORGANISASI

Lingkungan adalah wilayah atau tempat yang mencangkup kehidupan.
Internal adalah hal sesuatu yang bersifat dalam.
Organisasi adalah sekumpul orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang dalam kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.
Lingkungan Internal Organisasi diantaranya:
a.      Pemilik
b.      Tim manajemen
c.       Para anggota atau pekerja
d.      Fisik
Lingkungan Iksternal Organisasi diantaranya:
a.      Hukum
b.      Ekonomi
c.       Politik
d.      Budaya
e.      Demografi
f.        Teknologi Informasi 
Langkah-Langkah Menyusun Rencana atau Kegiatan
Adapun langkah-langkah atau tahap- tahap menyusun rencana yang efektif yaitu meliputi tahap:
a.      Menetapkan misi dan tujuan
b.      Mendiagnosis hambatan dan peluang pada lingkungan
c.       Menilai kekuatan dan kelemahan internal dalam organisasi
d.      Mengembangkan tindakan alternative atau rencana strategi
e.      Mengembangkan rencana operasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar